Baca Juga
Silabus Kurikulum 2013 SMK/ MAK Bisnis dan Manajemen ini
merupakan Silabus Kurikulum 2013 SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) jurusan/
program keahlian Bisnis dan Manajemen. Silabus ini lengkap untuk
SMK/ MAK kelas X, XI, dan XII yang merupakan silabus terbaru Kurikulum 2013.
Bagi anda yang belum memiliki silabus ini silahkan download saja langsung
Silabus SMK yang saya bagikan ini secara lengkap dan gratis. Silabus adalah
rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang
mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran,
kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan
sumber/bahan/alat belajar.
Bidang Keahlian pada Silabus SMK Bisnis dan
Manajemen Kurikulum 2013 yang dapat anda download disini yakni silabus
kurikulum 2013 smk Kelas X/ 10, silabus kurikulum 2013 SMK Kelas XI/ 11,
silabus kurikulum 2013 SMK Kelas XII/ 12 yang terdiri dari :
Silabus SMK Kurikulum
2013 Kelas X, XI, XII -
Bisnis dan Manajemen
Administrasi
Keuangan
Secara substansi guru dapat dan harus mengembangkan
silabus secara mandiri atau kelompok, karena seperti yang sudah saya bilang
selain akan lebih aplikaif atau mudah diterpakan juga bisa lebih sesuai dengan
karakter anak didik dan karakter daerah anda. Rambu-rambu atau langkah-langkah
pengembangan silabus "Silabus SMK Kurikulum 2013 Kelas X, XI,
XII Program Keahlian Bisnis dan Manajemen" dilakukan dalam
beberapa langkah umum, seperti :
1. Mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar
mata pelajaran,
sebagaimana tercantum pada standar isi, dengan memperhatikan hal-hal berikut :
a. Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu
atau tingkat kesulitan materi.
b. Keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi
dasar antara mata pelajaran,
2. Mengidentifikasi materi pokok yang menunjang
pencapaiain standar kompetensi dan kompetensi dasar dengan mempertimbangkan:
a. Tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional,
sosial, dan spiritual peserta didik.
b. Kebermanfaatan bagi peserta didik.
c. Struktur keilmuan.
d. Kedalaman dan keluasan materi.
e. Relavansi dengan kebutuhan peserta didik dan
tuntunan linghkungan.
f. Alokasi waktu.
3. Mengembangkan Pengalaman Belajar
Pengalaman dan kegiatan belajar di sini menunjukan
aktivitas belajar yang perlu dilakukan oleh siswa dalam mencapai penguasaan
standar kompetensi, kemampuan dasar, dan materi pembelajaran. Berbagai
pengalaman alternativ dapat dipilih sesuai dengan jenis kompetensi serta materi
yang dipelajari.
Pengalaman belajar merupakan kegiatan mental dan fisik
yang dilakukan peserta didik dalam berinteraksi dengan sumber belajar melalui
pendekatan pembelajaran yang bervariasi dan mengaktifkan peserta didik.
Pengalaman belajar memuat kecakapan hidup yang perlu dikuasai peserta didik.
Rumusan pengalaman belajar juga mencerminkan pengelolaan pegalaman belajar
peserta didik.
4. Merumuskan Indikator Keberhasilan Belajar
Indikator merupakan penjabaran dari kompetensi dasar
yang menunjukkan respon yang dilakukan oleh peserta didik. Indikator
dikembangkan berdasarkan karakteristik satuan pendidikan, potensi daerah, dan
peserta didik, dan dirumuskan dalam katakerja operasional yang terukur atau
dapat di observasi. Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat
penilaian. Jika serangakaian indikator hasil belajar sudah nampak pada diri
peserta didik, maka target kompetensi dasar tersebut sudah tercapai.
5. Menentukan Jenis Penilaian.
Penilaian pencapaian kompetensi dasar peserta didik dilakukan
dengan berdasarkan indikator. Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes dan
non tes dalam bentuk tertulis maupun lisan, pengamatan kinerja, sikap,
penilaian hasil karya berupa obyek atau produk, penggunaan portofolio, dan
penilaian diri.
6. Menentukan Alokasi Waktu
Waktu yang dimaksud adalah perkiraan berapa lama siswa
mempelajari materi yang telah ditentukan, bukan lamanya siswa mengerjakan
tugas. Alokasi waktu perlu diperhatikan pada tahap pengembangan silabus dan
perencanaan pembelajaran. Karena untuk memperkirakan jumlah jam tatap muka yang
diperlukan. Penentuan alokasi waktu pada setiap kompetensi dasar didasarkan
pada jumlah minggu efektif dan alokasi waktu mata pelajaran per minggu dengan
mempertimbangkan jumlah kompetensi dasar, keluasan, kedalaman, tingkat
kesulitan, dan tingkat kepentingan kompetensi dasar. Alokasi waktu yang
dicantumkan dalam silabus merupakan perkiraan waktu yang dibutuhkan oleh
peserta didik untuk menguasai kompetensi dasar.
7. Menentukan Sumber Belajar
Sumber belajar adalah rujukan, objek, atau bahan yang
digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Penentuan sumber belajar didasarkan pada
standar kompetensi dan kompetensi dasar serta materi pokok, kegiatan
pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.
Diharapkan dengan Silabus
Kurikulum 2013 SMK/ MAK Bisnis dan Manajemen ini dapat
bermanfaat bagi anda dalam rangka perencanaan proses PBM di SMK/ MAK yang anda
tempati. Kritik dan saran saya tunggu pada kolom komentar dibawah, demi
kemajuan blog ini. Dalam blog ini menyediakan berbagai perangkat pembelajaran
lainnya khusunya RPP dan Silabus dan Perangkat Administrasi Guru lainnya. Untuk
mencari file yang anda butuhkan silahkan cari melalui kotak pencarian atau
dengan memilih menu/ label yang tersedia.

0 comments: